Tentang Hendra

Muhammad Hendra Wibowo, di akte kelahiran dan ijazah tertulis “Mhd Hendra Wibowo”, disapa dengan nama “Hendra”, adalah lulusan Sarjana (S1) Teknologi Pertanian IPB (2001) dan saat ini sedang menempuh program Magister Manajemen Pendidikan Tinggi (MMPT) di Sekolah Bisnis IPB. Hendra bergabung dengan unit pengelola HKI IPB pada bulan Agustus 2002 yang saat ini secara struktur berada di bawah koordinasi Direktorat Riset dan Inovasi (DRI) IPB sebagai Sub Direktorat (Subdit) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Inovasi. Posisi Hendra di Subdit HKI dan Inovasi DRI IPB adalah sebagai Koordinator HKI dan Inovasi. Sebagai koordinator HKI dan Inovasi, tugas pokok Hendra antara lain menyusun dan melaksanakan program-program terkait sosialisasi kekayaan intelektual (KI), peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang KI, dan peningkatan perolehan KI IPB (khususnya Paten).

Hendra telah mengikuti berbagai pelatihan dalam pengelolaan KI baik yang diselenggarakan di Indonesia maupun di luar negeri, mulai dari tingkat dasar (basic) tentang pengertian KI sampai dengan tingkat advance terkait proses alih teknologi (technology transfer). Pengalaman dan kemampuan Hendra dalam pengelolaan KI, khususnya dalam melakukan penelusuran paten dan penulisan spesifikasi dokumen paten (deskripsi paten) menjadikan Hendra sebagai salah seorang nara sumber di bidang KI dan sejak tahun 2014 Hendra tergabung dalam tim nara sumber (fasilitator) Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian, dan PPM yang Berpotensi Paten Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Bersama dengan tim KI IPB, Hendra telah menulis beberapa buku, yaitu “Hak Kekayaan Intelektual dan Tantangan Implementasinya di Perguruan Tinggi”, “Panduan Paten dan PVT bagi Sivitas Akademika IPB”, dan “Panduan Praktis Penelusuran Dokumen Paten”. Atas berbagai karya intelektual yang telah dihasilkan serta jasa dalam membangun dan mengembangkan sistem KI di IPB, pada tahun 2014 Hendra meraih prestasi sebagai Juara Pertama Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat IPB Kategori Administrasi Umum. Lebih detail tentang Hendra silahkan lihat pada Daftar Riwayat Hidup.