Menambah Ilmu tentang Hak PVT

Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) merupakan salah satu jenis Kekayaan Intelektual (KI) yang memberikan perlindungan selama waktu tertentu (20 tahun tanaman semusim dan 25 tahun tanaman tahunan) atas varietas hasil kegiatan pemuliaan tanaman yang memenuhi syarat baru, unik, seragam, stabil, dan diberi nama. Pengertian pemuliaan tanaman adalah rangkaian kegiatan penelitian dan pengujian atau kegiatan penemuan dan pengembangan suatu varietas, sesuai dengan metode baku untuk menghasilkan varietas baru dan mempertahankan kemurnian benih varietas yang dihasilkan.

Foto Rakor PVT Lembang 2 Foto Rakor PVT Lembang 1

Bertempat di stasiun uji BUSS (Baru, Unik, Seragam, Stabil) Manoko – Lembang, Jawa Barat, pada Rabu, 18 April 2018, Hendra dan tim KI Subdit Pengelolaan dan Komersialisasi Inovasi – Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan IPB berkesempatan menambah ilmu tentang Hak PVT. Kegiatan tersebut merupakan Koordinasi Teknis Hak PVT yang diselenggarakan oleh Pusat PVT dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementerian Pertanian. Kegiatan tersebut memperkenalkan stasiun uji BUSS Manoko – Lembang untuk tanaman dataran tinggi. Uji BUSS merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hak PVT.

Foto Rakor PVT Lembang 4 Foto Rakor PVT Lembang 3

Sesi siang/sore disampaikan beberapa usulan dan diskusi terkait perubahan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 121/Permentan/OT.140/11/2013 tentang Syarat dan Tata Cara Permohonan dan Pemberian Hak Perlindungan Varietas Tanaman. Selain itu, PPVTPP juga memperkenalkan sistem pendaftaran hak PVT secara online.

This entry was posted in Post. Bookmark the permalink.

One Response to Menambah Ilmu tentang Hak PVT

  1. Rani S says:

    apa saja yang haru sdiketahui tentang hak PVT?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *